Beranda » Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan

Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan

Iklan

1     Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan
a.    Pelayanan Pemeriksaan Umum
Pelayanan kesehatan untuk mendiagnosa, melakukan tindakan pengobatan pada seseorang pasien dilakukan oleh seorang dokter  secara ilmiah berdasarkan temuan-temuan  yang diperoleh  selama anamnesis dan pemeriksaan.

b.    Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut.
Pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat. Sasarannya adalah masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas dengan indikasi gangguan kesehatan gigi maupun kelompok masyarakat khusus seperti murid seklah dasar. Kegiatan yang dilaksanakan berupa perawatan, pencabutan gigi sulung.

c.    Pelayanan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)
Suatu Pelayanan pendekatan yang terintegrasi/terpadu dalam tatalaksana balita sakit dengan fokus kepada kesehatan anak usia 0-5 tahun (balita) secara menyeluruh. MTBS bukan merupakan suatu program kesehatan tetapi suatu pendekatan/cara menatalaksana balita sakit. Kegiatan MTBS merupakan upaya yang ditujukan untuk menurunkan kesakitan dan kematian sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan anak balita di unit rawat jalan kesehatan dasar seperti Puskesmas, Pustu, Polindes, Poskesdes, dll.

d.    Pelayanan KIA-KB Yang Bersifat UKP
Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana bertujuan untuk meningkatkan pemeliharaan kesehatan ibu dan anak serta peningkatan kesejahteraan keluarga. Sasaran yang hendak dicapai adalah tersedianya pelayanan kesehatan dasar dan rujukan yang didukung oleh peran serta masyarakat dengan perhatian utama ditujukan pada pengembangan upaya kesehatan yang mempunyai daya ungkit tinggi terhadap peningkatan derajat kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah :
1)    Pemeriksaan ibu hamil
2)    Pertolongan persalinan oleh Bidan atau tenaga kesehatan lainnya yang berkompetensi kebidanan
3)    Deteksi dan rujukan ibu hamil resiko tinggi
4)    Pemberian tablet Fe
5)    Pelayanan Keluarga Berencana

e.    Pelayanan gawat darurat / tindakan
Pelayanan kedokteran yang dibutuhkan oleh penderita dalam waktu segera (imediatlely) untuk menyelamatkan kehidupannya (life saving).

f.    Pelayanan gizi yang bersifat ukp
Pelayanan gizi bertujuan untuk meningkatkan satus gizi pada masa pertumbuhan yang sasarannya adalah peningkatan status gizi bayi dan balita. Peningkatan status gizi ditandai dengan desa bebas rawan gizi. Pelayanan yang diberikan dalam kegiatan Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat adalah :
1)    Pemberian MP-ASI 6-24 Bulan Keluarga Miskin
2)    Penanganan Balita Gizi Buruk
3)    Pemantauan Pertumbuhan Balita
4)    Pemberian Kapsul Vitamain A

g.    Pelayanan persalinan
Pelayanan persalinan adalah pelayanan yang diberikan dimulai pada kala I sampai dengan kala IV persalinan

h.    Pelayanan laboratorium
Pelayanan Laboratorium melayani pemeriksaan specimen klinik berupa cairan tubuh, untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang diagnosis penyakit, penyembuhan penyakit, pemulihan kesehatan, dan deteksi dini keadaan kesehatan seseorang.

i.    Pelayanan loket obat.
Suatu Pelayanan terhadap permintaan tertulis dokter, dokter gigi, kepada pengelola farmasi untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Iklan
%d blogger menyukai ini: