Beranda » Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat

Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat

Iklan

1. Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat Esensial.
a. Pelayanan Promosi Kesehatan.
Program promosi kesehatan dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan sikap positif (kemauan) dan perilaku (kesadaran) individu, keluarga dan masyarakat secara mandiri untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan sendiri dan lingkungannya.

b. Pelayanan Gizi.
Pelayanan gizi dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat melalui penemuan dan perbaikan.
c. Pelayanan KIA –KB.

Pelayanan kesehatan Ibu dan anak bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak sejak dalam kandungan. Sasaran programnya adalah ibu hamil, ibu melahirkan dan bayinya serta ibu menyusui dan wanita usia subur.

d. Pelayanan Kesehatan Lingkungan.
Tujuan pelayanan kesehatan lingkungan adalah untuk mewujudkan lingkungan hidup yang sehat agar masyarakat terlindungi dari ancaman dan bahaya penyakit yang berasal dari lingkungan.

e. Pelayanan Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit.
Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit bertujuan untuk secara dini mencegah terjadinya suatu penyakit. Upaya ini dilakukan dengan pemberian ketahanan tubuh sejak usia dini maupun pada ibu hamil, serta pengendalian vektor. Kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya Pencegahan dan Pemberantas Penyakit adalah :
1) Pemberian himbauan bahaya DBD dan TBC dalam bentuk spanduk di depan puskesmas Madurejo
2) KIE di setiap kunjungan di poli, terutama pasien dengan suspek
3) Penyuluhan kelompok rentan untuk TBC
4) Himbauan massal se wilayah puskesmas Madurejo untuk seluruh desa dan RT untuk mengadakan upaya 3M bersama dalam rangka peberantasan jentik setiap mendekati musim panca roba
5) Penelitian Epidemiologi kasus DBD
6) Fogging massal
7) Pemantauan jentik berkala
8) Abatisasi berkala
9) Pembinaan dan koordinasi rutin dengan jumantik

2. Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat Pengembangan.
a. Pelayanan Kesehatan Lansia meliputi :
1) Pelayanan kesehatan di posbindu lansia. Pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan dasar, intervensi laboratorium bila dibutuhkan, dan penyuluhan.
2) Terdapat 3 buah posbindu di wilayah Madurejo, yaitu Posbindu Senja Sejahtera di kelurahan Madurejo, posbindu Sehat Mandiri di kelurahan Sidorejo dan Posbindu Mawar di Desa Pasir Panjang.
3) Senam Lansia bersama.

b. Pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR)
Pelayanan kesehatan peduli remaja (PKPR) di puskesmas Madurejo meliputi dalam gedung dan luar gedung. Pelayanan dalam gedung berupa pelaksanaan program “SANTUN PELAJAR”, yaitu program dimana kita memprioritaskan memberi pelayanan kepada Pelajar terlebih dahulu dibanding yang lain dengan persyaratan yang sudah di sepakati.

Iklan
%d blogger menyukai ini: