Beranda » Info Kesehatan » Air Isi Ulang Harus Lulus Uji Laboratorium Kesehatan Daerah

Air Isi Ulang Harus Lulus Uji Laboratorium Kesehatan Daerah

Depo Isi Ulang

Depo Isi Ulang

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Arif Susanto menegaskan, depot air minum (DAM) harus melewati uji di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Selain di Labkesda, bisa dilakukan pemeriksaan di puskesmas terdekat untuk mengetahui tingkat keamanan air yang diperjual belikan untuk kebutuhan konsumsi.

“Para pemiliki depot air minum harus rutin memeriksakan air minum yang sudah siap konsumsi baik ke Labkesda atau ke puskesmas, nanti ada biaya administrasinya di sana,” kata Arif, Jumat (4/11/2016)

Arif mengatakan, di Kabupaten Kotawaringin Barat sekitar 264 Depot Air Minum (DAM) yang sudah terdata oleh Dinas Kesehatan. Namun dari jumlah sebanyak itu, pihaknya tidak bisa turun ke lapangan secara rutin untuk mengontrol kehigienisan air minum tersebut.

“Secara keseluruhan kita tidak bisa mengira-ngira, namun yang sudah terdata ada sekitar 264 DAM. Kami berharap pemilik DAM ini aktif memeriksakan produk air minumnya ke puskesmas atau Labkesda dua bulan sekali,” katanya.

Ia menerangkan, tidak kurang dari 50 DAM yang sudah diberikan penyuluhan bagaimana cara megelola sumber air baku yang didapat dari penyuplai, kamudian cara perawatan alat penyaring di depot isi ulangnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: